Perlu Dipertimbangkan dengan Baik, Berikut tips Memilih Pusat Layanan Jantung

Kesehatan

Rumah sakit spesialis jantung berperan penting dalam upaya menurunkan angka kejadian penyakit kardiovaskuler atau penyakit kardiovaskuler di Indonesia. Dengan tingginya Kasus penyakit Kardiovaskular di Indonesia, Masyarakat perlu mengetahui rumah sakit yang layak untuk dirujuk. Untuk itu, berikut Tips memilih rumah sakit jantung yang terbaik

Mengenal Rumah Sakit Spesialis Jantung

RS jantung adalah fasilitas medis yang mengkhususkan diri dalam diagnosis dan pengobatan penyakit jantung dan pembuluh darah. Rumah sakit spesialis jantung bisa menjadi bagian dari rumah sakit umum ataupun berdiri sendiri yang berfokus pada pengobatan penyakit jantung. Fasilitas medis ini hanya merawat pasien dengan penyakit jantung.

Seluruh staf medis termasuk dokter dan perawat yang bekerja di rumah sakit ini juga menerima pelatihan khusus dalam pengobatan penyakit jantung. Layanan klinik jantung mulai dari memberi saran perubahan gaya hidup, Pengobatan hingga intervensi invasif seperti sistem cincin jantung dan operasi bypass. Ahli jantung juga akan mempertimbangkan tingkat keparahan kondisi

Keunggulan RS Jantung terletak pada sarana, prasarana, dan tim yang terlibat dalam merawat pasien. Selain mengetahui rumah sakit spesialis jantung, pasien harus mengetahui ahli jantung yang dipilih untuk perawatannya. Peluang kesembuhan pasien tergantung pada kualitas rumah sakit dan dokter yang merawat pasien.

Faktor yang harus terpenuhi ketika memilih rumah sakit

1. Tim Medis dan Non-Medis

Hal pertama yang perlu diperhatikan yaitu tim kesehatan yang disediakan oleh rumah sakit. Tidak hanya tim medis, tetapi juga tim non-medis harus bagus. Keduanya menyediakan layanan rumah sakit terpadu yang dibutuhkan pasien. Pilihlah rumah sakit yang menyediakan tenaga ahli jantung berpengalaman dan staf pendukung yang dikenal cepat.

2. Reputasi

Nama baik rumah sakit mencerminkan kualitas pelayanan yang diberikan. Reputasi ini antara lain berdasarkan penghargaan dari institusi medis tertentu. Semakin sering penghargaan diberikan, semakin tinggi reputasi klinik jantung. Rujukan dan kenalan keluarga juga dapat secara pribadi meningkatkan reputasi rumah sakit.

3. Infrastruktur

Peralatan dan infrastruktur pendukung lainnya juga penting untuk perawatan pasien. Rumah sakit ini perlu memiliki infrastruktur yang baik dan lengkap dengan teknologi mutakhir, mulai dari yang digunakan ketika melakukan diagnosis hingga perawatan pasien sampai dengan tahap pemulihan pasca operasi

4. Lokasi

Ini adalah faktor yang juga paling penting, terutama ketika dalam keadaan darurat. Sebaiknya Anda pergi ke rumah sakit spesialis jantung terdekat. Berurusan dengan pasien dengan penyakit jantung sangat ditentukan waktu. Semakin dini pasien dirawat, semakin besar kemungkinannya untuk dapat bertahan hidup.

5. Asuransi/BPJS

Jika Anda terdaftar sebagai anggota asuransi, pastikan untuk memilih RS spesialis jantung yang berafiliasi dengan perusahaan asuransi. Begitu pula untuk peserta BPJS Kesehatan. Hal ini memungkinkan Anda untuk memanfaatkan manfaat asuransi atau BPJS untuk menekan biaya perawatan di rumah sakit.

Hal di atas dimaksudkan agar pasien lebih cerdas dalam memilih spesialis penyakit jantung atau rumah sakit untuk berobat. Jika anda masih bingung dalam menentukan tempat pemeriksaan kesehatan jantung, anda bisa melakukan konsultasi di Heartology yang merupakan Layanan kardiovaskular untuk orang dewasa dan anak-anak.